Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Wali Kota Temukan Hutan Lindung Bersertifikat

Pagaralam, Sumsel (ANTARA) - Wali Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, Djazuli Kuris, menemukan puluhan hektare hutan lindung di lereng Gunung Dempo Kampung IV, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara sudah memiliki sertifikat.

Temuan itu, menurut informasi dari Pemkot di Pagaralam, Senin, terungkap saat Wali Kota Djazuli Kuris melakukan peninjauan langsung ke lokasi hutan lindung itu pada Sabtu (5/6) di Kampung IV Afdeling III Gunung Dempo.

Kawasan hutan lindung tersebut, saat ini sudah beralihfungsi menjadi tempat bertanam sayuran dan perkebunan kopi milik warga setempat.

Lokasi hutan lindung yang bersebelahan dengan perkebunan teh di Afdeling III milik PTPN VII tersebut sudah dipatok-patok sesuai dengan pemiliknya.

Pemerintah akan melakukan upaya pengambilalihan daerah hutan lindung di kaki Gunung Dempo yang sudah dirambah dan menjadi perluasan perkebunan warga tersebut, ujarnya.

"Sekarang hutan lindung sudah diatur dalam UU Nomor 41 tahun 1999 tidak boleh dirusak, kenapa ada yang sudah memiliki sertifikat atas nama pribadi," kata Djazuli.

Dia menyatakan, meskipun sudah ada sertifikat, Pemkot Pagaralam akan mengambil alih untuk dihijaukan kembali menjadi kawasan hutan lindung.

Menurut dia, tidak ada aturannya hutan lindung bisa disertifikatkan sehingga menjadi milik pribadi.

Hal itu jelas menyalahi aturan dan dapat merusak alam termasuk ekosistem kawasan Gunung Dempo, kata dia lagi.

Lurah Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, mengatakan sebagian besar lahan yang dahulunya hutan lindung di Kampung IV kaki Gunung Dempo, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara bersebelahan dengan PTPN VII unit perkebunan teh, sudah rusak dan gundul.

Kondisinya saat ini sudah banyak beralihfungsi dari hutan menjadi lahan dan kebun kopi, bahkan ada yang sudah bersertifikat atas nama pribadi.

Dia mengakui, selama ini pihaknya tidak berani memberikan teguran dan menanami kembali daerah tersebut dengan pohon penghijauan, mengingat sebagian besar sudah ada sertifikatnya.

Hutan di kaki Gunung Dempo bersebelahan dengan kebun teh milik PTPN VII ini, sudah puluhan tahun dirambah warga setempat untuk dijadikan lahan bertanam sayuran dan kebun kopi, kata dia.

"Kami belum dapat mendata secara konkret luas dan jumlah lahan yang sudah diklaim warga menjadi pemilik sah dengan bukti sertifikat dari BPN, meskipun dahulunya merupakan kawasan hutan lindung milik negara. Diperkirakan ada puluhan hektare bahkan bisa mencapai ratusan hektare luasnya," kata dia pula.

Kawasan hutan lindung yang sudah beralihfungsi menjadi perkebunan itu, mulai dari batas kampung III hingga memasuki daerah di ketinggian 1.900 dari permukaan laut (dpl).

Source : http://id.news.yahoo.com/antr/20100607/tid-wali-kota-pagaralam-temukan-hutan-li-f9ffe45.html

Related Posts by Categories



3 comments:

fadli said...

i click you ads when you comment on my link

shail2chouhan said...

You have a very good blog that the main thing a lot of interesting and beautiful! hope u go for this website to increase visitor.

Domino99 said...

The information is very useful and useful, awaited your next article

Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...