Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Mafia Hutan Dibeking Politikus


Jakarta - Anggota Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Achmad Santosa mengatakan, mafia kasus kejahatan kehutanan, khususnya pembalakan liar, didukung oleh oknum politisi dan aparat penegak hukum.

"Pembiaran disebabkan salah satunya oleh praktik `backing` (dukungan) kekuasaan dan oknum aparat penegak hukum. Dukungan oknum politisi dan atau aparat penegak hukum telah memasuki wilayah mafia hukum," kata Mas Achmad saat menjadi salah satu pembicara dalam seminar tentang kejahatan kehutanan di Jakarta, Selasa (29/06).

Mas Achmad menjelaskan, dukungan oknum politisi dan penegak hukum itu bertujuan untuk menghambat proses hukum terhadap kasus-kasus pembalakan liar. Dukungan oknum politisi dan penegak hukum diduga bisa melindungi aktor intelektual pembalakan liar.

"Atau untuk mengatur agar kasus itu hanya berhenti pada pelaku di lapangan saja," kata Mas Achmad menambahkan.

Berdasar kajian Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, mafia kasus kehutanan bisa terjadi pada tahap perizinan pengusahaan hutan.

Pada tahap itu, mafia antara lain akan mengatur pemberian izin analisis dampak lingkungan meski tidak sesuai aturan, izin mengelola hutan di kawasan yang tidak semestinya, serta pemberian izin untuk dijual lagi.

Mafia juga beroperasi pada tahap penebangan pohon. Selain itu, Mas Achmad juga mengatakan ada potensi praktik mafia hukum pada proses pengangkutan kayu.

Untuk itu, Mas Achmad mengusulkan penguatan sistem pengawasan terhadap penyelenggara negara dan penegakan hukum.

Pengawasan bisa dilakukan langsung oleh masyarakat atau melalui lembaga yang sudah ada, seperti komisi kejaksaan atau komisi kepolisian.

Mas Achmad juga menyatakan, mekanisme perlindungan saksi atau pelapor akan meningkatkan kualitas pengusutan kasus-kasus kejahatan kehutanan.

Wakil Ketua KPK, M. Jasin yang juga menjadi pembicara dalam seminar itu berharap, aparat penegak hukum tidak hanya menggunakan Undang-undang Kehutanan dalam mengusut kasus pembalakan liar.

Menurut Jasin, kasus kehutanan juga harus diusut dengan menggunakan Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Undang-undang Pencucian Uang.

"Dengan menggunakan instrumen tambahan ini, diharapkan penegakan hukum di sektor kehutanan bisa lebih diperkuat," kata Jasin.(ant/waa)

Source : http://www.erabaru.net/top-news/37-news2/14993-mafia-hutan-dibeking-politikus

Related Posts by Categories



13 comments:

saka said...

lama ndak mampir, sukses selalu sobat

Kedai Obat said...

oknum "wakil rakyat" atau politikus ini jgn terlalu banyak terjadi lagi.. kami mendoakan, cintailah makhluk selain kita, sperti tanaman dan hewan..

Kedai Obat said...

Makasih Backlinknya..

agung ardhi wijayanto said...

pantes aja hutan terus menerus di tebang

irfanimovick said...

saya punya kontes kecil2an nih ....

Hanya dengan menjadi top commentator di http://fireworkslovers.com anda berhak mendapatkan sebuah modem. Hehe, gimana? Tertarik? karena baru dimulai, jadi masih ada banyak waktu ko ... Read more..

Blogger Templates Colorizetemplates.com said...

wah masih eksis sob ? smangat !!

El Cid Vacations said...

If you are looking for great amenities while you are on vacation, the El Cid Vacations is one option for you to look forward to. When it comes to security, you will not have to worry about the safety of the whole community because the entrances for these resorts have gates and a 24-hour security to serve people on a daily basis. If you find living in El Cid resorts an excellent choice for you and your family so you can build new relationships with the community, you'll absolutely find this an excellent option for you to look into.

Media Kesehatan said...

Salam kenal sahabat..
Apa sih ni maunya wakil rakyat.. dia tu bukan politikus tapi tikus yang hanya bisa menggerogoti az..

NgePas said...

Ga habis pikir.. bikin jengkel ulah2 oknum ini.. harusnya diberlakukan az hukum mati biar sekalian mampus >:(

Gondrezt said...

Terima kasih untuk teman2 semua yang telah mengunjungi blog ini' semoga kita semua tetap kritis dalam menjaga kekayaan alam Indonesia demi anak dan cucu kita kelak... :)

ismazorra said...

Hancurkan para politik tikus

Mobile App Developers said...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Domino99 said...

The information is very useful and useful, awaited your next article

Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...