Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Hutan Lindung Tetap Tak Terlindungi

GORONTALO  — Penjarahan kayu dalam jumlah besar di kawasan hutan lindung Gunung Boliohuto, Kabupaten Gorontalo, masih terus terjadi.
    
"Dari hasil temuan Generasi Muda Pecinta Alam (GMPA) Mutiara Gorontalo, belum lama ini, puluhan meter kubik kayu dari beraneka jenis pohon di kawasan hutan tersebut habis ditebang hanya dalam waktu satu minggu," kata Ketua GMPA Dirman Ali, Senin (7/6/2010).
    
Ia mengungkapkan, dari hasil penelusuran GMPA selama beberapa hari di Dusun Bondula di dekat kawasan hutan lindung Boliohuto, penebangan liar menjadi pemandangan sehari-hari. 
    
"Setiap orang dapat menebang kayu sebanyak 2 meter kubik dengan jumlah penebang 10 orang setiap hari. Mereka menggunakan sapi untuk menurunkan kayu dari gunung," katanya.
    
Berdasarkan keterangan dari para tokoh masyarakat setempat, kata dia, tidak kurang dari 500 meter kubik kayu habis ditebang di kawasan hutan lindung itu setiap bulan. Itu berlangsung sejak 1990-an.
    
Dari ratusan meter kubik kayu hasil penebangan pohon, bahkan sebagian hanya dibiarkan begitu saja berada di gunung karena sulit diangkut oleh sapi.
    
Kayu-kayu tersebut dijual kepada pemasok kayu seharga Rp 500.000 hingga Rp 1 juta per meter kubik, tergantung jenis dan kualitas kayu.
    
Penjarahan kayu tersebut sebelumnya juga dikeluhkan warga Dusun Bondula. Puluhan kepala keluarga setempat bahkan telah membubuhkan tanda tangan dalam surat pernyataan yang mengecam penjarahan tersebut dan meminta pemerintah daerah meninjau izin pengelolaan hutan produksi setempat.
    
"Dusun Bondula memang memiliki hutan produksi, namun penebangan kayu di sana telah jauh merambah ke kawasan hutan lindung," kata Dirman Ali.

Source : http://regional.kompas.com/read/2010/06/07/09014753/Hutan.Lindung.Tetap.Tak.Terlindungi#

Related Posts by Categories



1 comments:

Domino99 said...

The information is very useful and useful, awaited your next article

Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...