Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Indonesia - Australia Jalin Kemitraan Karbon Hutan Senilai A$ 30 juta

Jakarta - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Perubahan Iklim, Efiensi Energi dan Air Australia, Pennyy Wong, mengumumkan pembentukan kemitraan karbon Indonesia-Australia di Pulau Sumatera senilai A$ 30 juta untuk mengurangi Emisi gas rumah kaca akibat deforestasi dan degradasi hutan.

"Kemitraan Karbon Hutan Sumatera merupakan peningkatan siginifikan dari kerjasama antar Australia dan Indonesia dalam mengurangi emisi akibat deforestasi dan degradasi hutan. Ini adalah rangkaian kerjasama yang telah disepakati sebelumnya antara Persiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Australia Kevin Ruud," ujar Staf Media Kedutaan Besar Australia, Natasha Simpson, lewat rilis yang diterima detikcom, Selasa (2/3/2010).

Kegiatan ini, lanjut Natasha, akan menangani ancaman mendesak terhadap hutan-hutan yang kaya mineral di Provinsi Jambi. Selain itu, juga melengkapi aktivitas berskala besar di hutan lahan gambut yang kaya karbon di Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini mencerminkan perkembangan terakhir pada perundingan di Kopenhagen. Kegiatan ini meliputi konservasi, pengelolaan hutan lestari dan peningkatan cadangan karbon hutan," katanya.

Untuk saat ini, daerah Jambi akan dijadikan tempat untuk melaksnakan proyek tersebut. Sebab, hutan Jambi memiliki keanekaragaman hayati yang unik.

"Pada tahun 2005 diperkirakan sepertiga atau sekitar 1,7 juta hektar lahan di Jambi merupakan kawasan hutan. Namun, tata ruangnya terus berubah akibat perubahan fungsi lahan, yang menimbulkan emisi gas rumah kaca," jelasnya.

Kedua menteri mengharapkan pentingnya kemitraan antara negara maju dan berkembang, serta dukungan pendanaan publik internasional dan sumberdaya nasional yang memadai, untuk menangani tantangan besar perubahan iklim.

"Saat ini, Indonesia dan Australia bekerjasama untuk menentukan lokasi dan desain yang tepat untuk aktivitas proyek ini di Jambi," tutup Natasha. (fiq/irw) Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Source : http://www.detiknews.com/read/2010/03/03/031239/1309870/10/indonesia-australia-jalin-kemitraan-karbon-hutan-senilai-a--30-juta-

Related Posts by Categories



0 comments:

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...