Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

DPRD Riau Tolak Usulan Sawit Kategori Hutan

PEKANBARU--MI: DPRD Provinsi Riau menolak rencana Kementerian Kehutanan memasukan kebun kelapa sawit dalam kategori hutan, seperti tercantum di materi Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Menteri Kehutanan.

"Tidak ada relevansinya apabila sawit dikategorikan sebagai hutan," kata Ketua DPRD Riau Komisi A (bidang hukum), Bagus Santoso, di Pekanbaru, Rabu (3/3).

Dalam RPM disiapkan izin membuka perkebunan kelapa sawit di areal hutan yang akan berlaku untuk izin investasi baru. Pola izin yang akan dipakai sama dengan pola Hutan Tanaman Industri (HTI).  Rencananya, RPM ini akan mengatur komposisi HTI Sawit tersebut dalam sistem zonasi yaitu 70 persen tanaman pokok, 25 persen tanaman kehidupan, dan 5 persen tanaman pangan.

"Rencana kebijakan itu tampaknya lebih menguntungkan pengusaha besar yang melakukan ekspansi, daripada pengelolaan hutan untuk rakyat," ucapnya menegaskan.

Penolakan senada juga diutarakan oleh anggota DPRD Riau Komisi B (bidang ekonomi), Jefri Noer bahwa mengkategorikan sawit sebagai hutan akan menambah masalah kehutanan di Provinsi Riau. Riau yang memiliki lahan sawit terluas di Indonesia mencapai dua juta hektare, tentu akan membuat laju penggundulan hutan alam makin cepat. "Memangnya di Afrika, sawit bisa dikatakan hutan," kata Jefri sambil terbahak.

Pakar lingkungan dari Universitas Riau, Prof Adnan Kasri, mengatakan wacana Kementerian Kehutanan tersebut menunjukan belum ada prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Kebijakan itu, justru akan menimbulkan konflik agraria antara perusahaan dan warga setempat.

"Belum lagi dampaknya bagi kelestarian lingkungan karena tanaman sawit berbeda karakteristik dengan hutan alam dalam hal kemampuan menyerap air, karbon dan sebagai habitat satwa," tutur Adnan Kasri. (Ant/OL-06)

Source : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/03/126860/126/101/DPRD-Riau-Tolak-Usulan-Sawit-Kategori-Hutan

Related Posts by Categories



0 comments:

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...