Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

LP Bentuk Satgas untuk Minimalisasi Penjarahan Hutan Nusakambangan

CILACAP--MI: Tujuh lembaga pemasyarakatan (LP) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, membentuk Satuan Tugas Keamanan dan ketertiban (Satgas Kamtib) yang bertugas khusus mengendalikan perambahan hutan dan pendatang ilegal.

Pembentukan Satgas Kamtib dilakukan karena penjarahan hutan di Nusakambangan belakangan makin marak dan arealnya digunakan sebagai lahan pertanian.

Kepala LP Narkotika Marwan Adli membenarkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia (Depkum dan HAM) Jawa Tengah Chairudin Idrus telah memerintahkan kepada tujuh LP di Nusakambangan untuk membentuk Satgas.

"Kemudian perintah itu ditindaklanjuti dengan membentuk Satgas. Jumlah anggotanya mencapai 20 orang, enam LP di antaranya masing-masing mengirimkan dua personel, sedangkan enam personel berasal dari LP Batu," ujar Marwan, Kamis (18/2).

Satgas itu, katanya, memang sangat penting, sebab selama ini penjarahan di hutan Nusakambangan sangat marak. Selain itu, banyak pendatang yang masuk ke Nusakambangan untuk membuka hutan kemudian dialihfungsikan menjadi lahan pertanian dan perkebunan.

"Satgas itu nantinya akan bertindak tegas. Mereka bertugas menangkap para penjarah dan pelaku akan diserahkan kepada kepolisian. Sementara itu, warga yang telanjur membuka lahan di Pulau Nusakambanga dipersilakan sampai tahun ini saja. Artinya selepas panen, mereka tidak boleh meneruskan lagi bercocok tanam di pulau ini," ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah titik yang rawan terjadi penjarahan kayu, terutama di bagian selatan Pulau Nusakambangan. Bahkan, penjarahan sudah sampai mendekati Kompleks LP-LP. "Oleh karena itu, satgas nantinya akan bertugas untuk melakukan penertiban terhadap para penjarah maupun para pendatang ilegal," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Konservasi Segara Anakan Supriyanto menyambut baik upaya yang dilakukan oleh otoritas LP Nusakambangan. "Dengan demikian, kalau penjarahan hutan Nusakambangan dapat diminimalisasi, warga di Kecamatan Kampung Laut tidak akan kesulitan air pada musim kemarau. Sebab, 15 ribu penduduk di Kampung Laut bergantung pada pasokan air
Nusakambangan," jelasnya. (LD/OL-01)

Source : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/02/18/124146/124/101/LP-Bentuk-Satgas-untuk-Minimalisasi-Penjarahan-Hutan-Nusakambangan

Related Posts by Categories



1 comments:

Ngeposting ni yee said...

ide yang bagus tu sOb, tapi kenapa baru sekarang ya LP membentuk Satgas untuk Minimalisasi Penjarahan Hutan Nusakambangan..
oya sOb ada award tU unTuk kAmu, kAlo bIsa dI terUsin yA sObat, kAlo gAk juGa gaK papa, kaRena bUlan iNi seMua bLoggEr bAnyak bAngEt dI berI tUgas aWard yAng bermacam-macam jEnisnYa.,..,..,.,..,.

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...