Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Hutan Produksi Dijadikan Kebun Sawit Ditolak

TEMPO Interaktif, Jambi - Sejumlah kalangan menolak Rencana Kementerian Kehutanan RI yang menggodok rancangan peraturan menteri mengenai aturan  izin pembukaan perkebunan kelapa sawit di kawasan hutan produksi. "Kami secara terang-terangan menolak rencana tersebut," kata Ruqaiya Raffiq, Direktur Yayasan Setara Jambi, organisasi khusus pemerhati masalah kelapa sawit kepada Tempo hari ini. 

Menurut dia,  bila aturan itu  diberlakukan akan terjadi pembukaan kawasan hutan produksi secara besar-besaran. Saat ini, sebagian besar kondisi hutan produksi, khususnya di Provinsi Jambi  tergolong cukup baik dan bila dibuka akan menimbulkan kerusakan ekosistem.

Dampak lainnya, ka Ruqaiya, jika hutan produksi boleh dibuka untuk kebun sawit, berarti  hutan penyangga taman nasional juga bisa diperlakukan secara sama. Upaya ini hanya bertujuan melegalkan eksploitasi hutan. "Saya melihat tiga  atau lima tahun ke depan tidak ada lagi  hutan alam. Yang ada  hutan sawit dan hutan tanaman industri," ujar Ruqaiya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rancangan peraturan menteri kehutanan mengenai aturan pembukaan izin perkebunan kelapa sawit saat ini tengah digodok. Menurut Ruqaiya,rencana memasukkan kebun sawit menjadi bagian dari kawasan hutan jelas akan memicu kontroversi banyak pihak. (SYAIPUL BAKHORI)
Source : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2010/02/18/brk,20100218-226804,id.html#

Related Posts by Categories



1 comments:

Agen Poker said...

Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

ane mau titip ini ya min siapa tau ada yang tertarik untuk mengikuti kontes SEO gabung aja gratis
KONTES SEO 2016

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...