Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Bangunan Liar di Kawasan Hutan Cigugur Dibongkar

CIAMIS, (PRLM).- Bangunan liar di kawasan hutan milik negara tepatnya dipetak 89 Desa Harumandala, Kec. Cigugur, Kab. Ciamis, dibongkar. Pembongkaran bangunan illegal yang berlangsung hari Jumat (26/2) melibatkan anggota TNI, Polisi, Perhutani dan instasi terkait.

"Hari ini bangunan liar yang ada di kawasan hutan dibongkar. Kalau memang masih menginginkan bahan bangunan, silakan pemiliknya mengambil," tutur Kepala Admisitratur Perhutani Ciamis Dicky Y Radi, Jumat (26/2).

Dia menegaskan, langkah pembongkaran tersebut merupakan tindakan preventif sebelum terjadi pendirian bangunan yang lebih banyak sebagaimana yang terjadi sebelum gelar Operasi Hutan Lestari (OHL) Lodaya tahun 2008. Disebutkan, akibat pembalakan liar, kawasan hutan menjadi hancur. "Sekarang jumlahnya tidak banyak, namun kami tetap mengambil tindakan tegas, bongkar. Dulu sudah pernah diminimalisir saat berlangsung OHL 2008, sekarang mulai ada yang mendirikan lagi. Sebelum terlambat lebih baik diantisipasi," tambahnya.

Diungkapkan, pascaoperasi yang melibatkan ratusan anggota Brimob Polda Jabar yang lalu, tidak ada lagi kawasan hutan yang dikuasai oleh oknum masyarakat. Namun baru-baru ini, di dalam kawasan hutan mulai kembali berdiri rumah dan bangunan lainnya. "Munculnya bangunan tersebut mengindikasikan mulai adanya perlawanan. Contoh lainnya beberapa tanaman reboisasi yang baru ditanam juga dicabuti," ungkapnya.

Pelaku pencabutan tanaman rebioisasi, tuturnya, dilakukan oleh segelintir oknum masyarakat yang terorganisir. Sebagian di antaranya melakukan hal tersebut karena masih terbius oleh rayuan yang menyatakan lahan yang digarapnya dapat dibuat sertifikat. "Kami minta agar masyarakat tidak mudah terkecoh, dan lebih waspada. Yang kami laksanakan di Cugur ini adalah untuk mengembalikan fungsi hutan yang sekarang kondisinya kritis," kata Dicky.

Dicky mengatakan kawasan hutann yang rusak akibat illegal logging atau pembalakan liar di wilayah Ciamis mencapai 5.200 hektar. Sebanyak 2.500 hetar di antaranya sudah dilakukan penanaman kembali sejak tahun 2008. Untuk tahun 2010 dilakukan penanaman seluas 700 hektar. (A-101/das)***

Source : http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=129809

Related Posts by Categories



0 comments:

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...