Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Mengurangi beban blog yang berat lewat kompresi CSS



Banyak para blogger yang suka menghias blognya dengan berbagai macam Widget dan Accesoris. Sebenarnya dengan berbagai macam hal tersebut diatas blog akan terlihat cantik dan menarik.Tetapi ada satu hal yang dikorbankan, ketika blog kita buka, akan terasa berat dan waktu loadingnya lama, terkadang membuat kita dan para pengunjung jengkel sehingga membuat mereka pergi sebelum melihat artikel dan informasi di dalam blog kita sendiri. Apalagi blog yang kita buka adalah milik orang lain, bagaimana rasanya...

Pada dasarnya blog terasa berat karena penulisan kode CSS kita yang kurang pas, atau terlalu berbelit-belit, bukan berarti penulisan yang kita tulis salah, mungkin karena pengetahuan kita yang kurang (alias cuma sekedar copy paste kemudian berhasil tidak mau berpikir panjang yang penting berhasil) atau karena melihat susunan kode CSS yang banyak membuat kita malas mengeditnya. Untuk itu kita perlu mengeditnya diantaranya dengan masuk ke alamat http://www.csscompressor atau ke http://www.cssdrive.com. Di sini kode css kita akan di compress yang nantinya dapat mengurangi beban blog kita. Kali ini kita akan mengunakan CSS Drive

Caranya:
  • Kemudian Login ke blog anda sendiri jangan keblog orang lain.
  • Pilih Tata Letak / Layout
  • Klik Edit HTML.
  • Sebelumnya backup terlebih dahulu dengan mengklik Download Full Template (jangan tanya mengapa).... supaya apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan kita bisa mengembalikan Template kita kembali sebelum terjadi perubahan pada eksperimen ini.
  • Beri tanda centang pada Expand widget.(supaya terindex saat mencari keyword lewat menu Find) kecuali anda mau mencarinya secara manual.
  •  Cari kode yang akan kita compres lewat Find (Ctrl+F pada Mozzila Firefox), letaknya antara     dan     ]]> lalu copy.
  • Untuk compressor mode pilih Normal saja kecuali anda mau bereksperimen dengan memilih option yang lain silahkan segala dampak dan effectnya anda tanggung sendiri.
  • Untuk comments handling pilih Don't strip any comments.
  • Klik Compress It  disitu kita bisa melihat seberapa besar persentasi kompresi CSS tersebut. Hasil kompresi tadi di Copy
  • Ganti kode CSS anda yang lama dengan kode yang sudah terkompres tadi antara dan & ]]> tadi, ingat jangan yang lain.
  • Klik Pratinjau / Preview untuk melihat ada kesalahan atau tidak.
  • Jika sudah aman klik simpan, bila sebaliknya ulangi langkah-langkah diatas dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Dari hasil kompresi tersebut, kita bisa mempelajari kembali (kalau lupa) penulisan kode css yang pas. Akhir kata selamat bereksperimen dan semoga berhasil.



Related Posts by Categories



1 comments:

Arez_Reza said...

Ohhh ada ya CSS kompresosr....Oke dh segera dicoba.......Makasih Infonya

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...