Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Luas Hutan Jakarta Bertambah 99,82 Hektar

Taman Wisata Mangrove Angke - Jakarta Utara, Luas hutan DKI Jakarta yang tidak sampai 5 persen dari wilayah DKI Jakarta akhirnya bertambah 99,82 hektar. Penambahan hutan ini terjadi setelah peresmian Taman Wisata Mangrove Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (25/1).

”Selama ini hutan di Jakarta hanya ada di wilayah Kepulauan Seribu. Setelah ada taman wisata itu, diharapkan abrasi dan polusi bisa berkurang,” kata Menteri Kehutanan Zukifli Hasan saat meresmikan taman wisata itu.

Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono mengatakan, hutan mangrove Angke ini termasuk Green Belt Jakarta, yang kini mencapai 179,56 hektar.

”Gubernur menetapkan kelak luas Green Belt DKI Jakarta harus mencapai 334 hektar,” kata Bambang.

Taman wisata itu juga masuk dalam 12 destinasi wisata pesisir Jakarta Utara. ”Tujuan utama dari pengembangan lokasi wisata adalah kemakmuran bagi warga Jakarta. Namun, tempat wisata juga membutuhkan dana untuk biaya pemeliharaan. Kawasan ini untuk turis lokal dan mancanegara,” kata Bambang.

Pengelola Taman Wisata Alam Kapuk Angke, Sri Murniwati, mengatakan, area konservasi itu luasnya 99.82 hektar dengan 79 juta bibit sejak tahun 2007 dan bertambah menjadi 100 juta bibit. Pada tahun 2009 ditanam 203 juta bibit pohon bakau.

”Penanamannya dimulai sejak 12 tahun lalu ketika kawasan ini diputuskan menjadi hutan mangrove,” kata Murniwati.

Di taman tersebut, pengunjung dapat menjalankan beberapa kegiatan, seperti konservasi alam, berkemah, menginap di pondokan, mendayung kano, dan meneliti.

”Di taman itu juga terdapat fasilitas pengamatan burung dan hewan-hewan lain seperti biawak, kepiting, dan ikan. Kami juga menyediakan delapan pondok alam dan rumah kemping sebanyak 30 buah,” kata Murniwati.

Selama ini, yang menjadi kendala dalam pemeliharaan hutan mangrove itu adalah petambak dan pemancing liar.

”Semua hewan yang ada di hutan mangrove tidak boleh ditangkap. Jika ada yang menangkap, akan kami serahkan ke yang berwajib,” kata Murniwati.

Adapun ancaman hukuman bagi penangkap hewan di kawasan konservasi hutan mangrove adalah penjara selama 10 tahun dan denda Rp 5 miliar. kompas (ARN)

Source : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/01/26/03354763/luas.hutan.jakarta.bertambah.9982.hektar

Related Posts by Categories



1 comments:

Anonymous said...

http://www.facebook.com/pages/Hutan-kota-jakarta/128705207317496

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...