Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka blogmu...

Cepatnya website anda saat dibuka orang lain mungkin sangat berpengaruh terhadap pengunjung. Seorang pengunjung mungkin akan malas untuk mengunjungi situs anda jika situs anda tidak terbuka dalam waktu 10 detik (mungkin untuk di Indonesia lebih lama dari itu). Untuk itu, memiliki situs yang cepat dibuka sangatlah penting bagi perkembangan sebuah situs dan banyaknya jumlah pengunjung yang datang lagi untuk membuka situs anda.
Ada beberapa  tips untuk mempercepat waktu loading untuk membuka situs milik anda !!!

1. Simpan Gambar dan File di Tempat Lain
Banyak pengguna sering online dalam waktu yang bersamaan sehingga server anda begitu banyak request untuk diproses. Dan situs yang baik yaitu situs yang menampilkan gambar juga sebagai content tambahan dari artikel yang ditampilkan. Dan ada baiknya gambar-gambar tersebut di simpan di sebuah situs penyimpan gambar seperti: ImageShack. Hal ini akan sangat mengurangi bandwidth yang digunakan oleh server anda dan membuat situs anda lebih cepat dibuka. Sebagai tambahan, tempat terbaik untuk menyimpan file berukuran 2-5MB adalah Google Page.

2. Optimumkan CSS Anda
Saat ini, banyak sekali situs telah menggunakan format CSS dan bahkan hampir seluruh situs yang ada saat ini telah menggunakan CSS. Walaupun CSS sudah pasti lebih efisien dari tabel HTML, anda tetap bisa mengoptimumkan kode CSS untuk membuat situs anda lebih cepat. Memiliki CSS yang bersih dan ringkas bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung anda untuk membuka situs anda. Misalnya dengan menyatukan kode-kode yang tersebar sebisa mungkin, contoh:

Daripada menulis seperti ini:
margin-top: 20px;
margin-right: 10px;
margin-bottom: 20px;
margin-left: 10px;

Anda bisa menulis:
margin: 20px 10px 20px 10px;

3. Optimumkan Gambar Anda
Gunakan format gambar seperti PNG, JPG, /JPEG, dan GIF. Dan atur juga fitur kualitas untuk gambar yang ditampilkan adalah dengan kualitas “Save for web” yang tersedia dalam berbagai macam software, misalnya Adobe Photoshop (yang paling populer) atau program kompresi gambar lainnya.

4. Gunakan Tag Tinggi/Lebar pada Gambar
Banyak orang tidak menambahkan tag tinggi dan lebar untuk gambar. Padahal tag tersebut memastikan kalau browser tahu dimensi dari gambar sebelum terdownload secara penuh. Jika browser tidak melihat tag tersebut, maka ia perlu untuk mencari dulu ukuran dari gambar, kemudian me-load gambar, lalu me-load sisa halaman situs.

5. Gunakan Javascript Lebih Sedikit
Beberapa orang lebih senang untuk menambahkan efek Javascript pada situs mereka. Penggunaan animasi Javascript yang berlebihan bisa membuat browser pengguna berhenti sebentar dan sangat mengganggu.

6. Optimumkan Link
Pastikan outlink dari situs anda dan link dari situs lain terintegrasikan dengan baik. Sebagai contoh, jika anda ingin me-link ke www.domain.com/blog, pastikan anda menulis www.domain.com/blog/ untuk mencegah adanya permintaan ekstra yang akan muncul jika link yang sebelumnya sedang digunakan.

7. Kurangi Permintaan HTTP kepada Server
Ketika membuka sebuah halaman situs, setiap elemen (gambar, skrip, dan garis) akan membutuhkan round trip ke server. Perlambatan ini bisa menambah beberapa detik waktu loading situs anda. Untuk hal tersebut, kurangi jumlah obyek yang tidak begitu pengting dan mengkombinasikan file CSS dengan skrip secara bersama.
  1. Pakai  iwebtool speed test : Tinggal masukan URL Blog , klik Submit nanti akan tahu seberapa berat Sizze nya (KB) dan berapa lama loadingnya (seconds).
  2. Tool Pingdom  : Yang ini hasilnya agak komplit dan rinci sebab menampilkan grafik tentang lamanya loading dari semua objek  link yang ada dalam blog kita,
  3. Tool Stopwatch  : Namanya juga stopwatch jadi kita akan tahu berapa detik loading blog kita.
  4. Pakai WebSiteOptimization.com.  Yang ini hasilnya akan lebih komplit lagi, kita dapat mengetahui seberapa cepat waktu loading sebuah website apabila diakses menggunakan 6 kecepatan koneksi internet. Hasil tes juga disertai dengan analisis website yang dapat dipakai sebagai acuan untuk optimasi website lebih lanjut. 
Atau langsung masukan alamat web anda dibawah ini maksimal 10 alamat web...


Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)







(eg. iwebtool.com)



Dan usahakan beban web kita berada di kisaran 100kb/s supaya orang lain nyaman membaca web kita, yang terpenting dari semua adalah informasi yang ingin disampaikan didalamnya jangan karena ingin website kita tampil bagus tapi dengan mengkesampingkan hal ini.

Selamat mencoba... :)



Baca juga ini : Mengurangi beban blog yang berat lewat kompresi CSS




Related Posts by Categories



3 comments:

Ngeposting ni yee said...

tHanks inFonYa sOb,,
lAngsUng sAya tEst ni utk mlHat kcEpatan blog sAya,,

diph_tegh said...

thanks ia.. penting bgt nih...
emang rata-rata orang lebih mementingkan keindahan blog dibanding isi atau materi yang disampaikan...

meskipun tanpa atribut-atribut menarik, kalau isi/materi yang disampaikan menarik, pastilah itu menjadi daya tarik suatu blog

Arez_Reza said...

Makasih infonya, syukur masih tergolong cepet

Kunjung balik ya

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...