Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Tips hitung dampak lingkungan akibat penggunaan kertas/ tahun

Tahukah bahwa untuk memproduksi sejumlah kertas, dibutuhkan banyak kayu dengan diameter 15-20 cm, tinggi 40 meter, kemudian air dan juga energi? Sementara untuk proses produksinya menghasilkan sejumlah emisi dan juga limbah.


Jika kita ingin tahu berapa besar dampak lingkungan akibat penggunaan kertas kita tiap tahun, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Pilah-pilah sampah kertas yang kita gunakan berdasarkan jenis. Misalnya: kertas HVS, kertas koran, atau kertas yang dilaminating (misalnya brosur/company profile)
  2. Hitung rata-rata pengunaan kertas untuk tiap jenis dalam 1 tahun (dalam kg atau ton)
  3. Kemudian kunjungi papercalculator.org
  4. Masukkan data-data di atas, dan mulailah menghitung
Ternyata jika kertas yang sudah kita gunakan didaurulang, maka dampak lingkungan yang kita sumbangkan pun akan ikut berkurang. Selain itu, kertas yang diberikan zat pemutih (bleaching), pada proses produksinya menggunakan kayu, air dan energi jauh lebih banyak dibanding kertas yang tidak menggunakan pemutih.

Jangan lupa untuk terus berupaya mengurangi penggunaan kertas.
 
Source :  http://greenlifestyle.or.id/tips/detail/tips_hitung_dampak_lingkungan_akibat_penggunaan_kertas_tahun

Related Posts by Categories



1 comments:

maul said...

tiap tahun semakin bertambah penebangannya

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...