Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Tips berhenti merokok

Seperti yang kita ketahui, asap rokok tidak hanya membahayakan kesehatan perokok, tapi juga mereka yang terpaksa menghirup asap rokok, termasuk anak-anak.

Walau sudah menyadari akan dampak buruk rokok, namun tidak sedikit perokok yang merasa susah menghentikan kebiasaan merokoknya, sekalipun ketika niat berhenti sudah dicanangkan. Berikut sejumlah tips yang mungkin bisa dicoba untuk mulai menghentikan asupan nikotin dan sejumlah racun lainnya ke dalam tubuh kita.

1. Berhenti tanpa beban

Punya niat untuk berhenti merokok sudah merupakan langkah besar yang sangat berarti. Mulailah bersiap menjalankan niat tersebut tanpa beban dan jangan terlalu ambisi. Mengapa? Karena jika kita merasa terbeban dengan niat dan ambisi kita tersebut, pikiran kita menjadi tidak tenang dan ini bisa lebih memicu keinginan untuk merokok. Kurangi merokok secara bertahap, kalau memang tidak bisa langsung berhenti total.

2. Tenangkan hati dan pikiran

Seperti yang telah disebutkan di atas, suasana hati dan pikiran ternyata sangat mempengaruhi keinginan untuk merokok, karena ternyata kandungan kimia yang dihisap dari rokok dapat bertindak sebagai antidepressant di dalam otak. Untuk itu, jalani hidup dengan tenang dan selesaikan segala masalah hingga tuntas, sehingga hati dan pikiran menjadi tenang.

3. Hindari orang yang sedang merokok

Salah satu hal terberat dalam proses berhenti merokok adalah ketika melihat orang di sekitar kita merokok. Bahkan melihat adegan orang sedang merokok di TV pun jadi terasa menggiurkan. Jadi, untuk sementara waktu mungkin ada baiknya kalau kita agak mengurangi intensitas nongkrong dengan teman-teman yang perokok. Agak berat memang, tapi layak dicoba.

4. Cari pengganti rokok

Merokok kadang hanya masalah kebiasaan. Lalu mengapa kita tidak coba mengganti kebiasaan itu? Kalau tadinya habis makan kita merokok, mungkin sekarang bisa diganti dengan minum kopi atau teh. Biasakan juga mengantungi permen, sebagai pengganti rokok.

5. Jangan terlalu dipaksakan

Kalau memang benar-benar tidak bisa ditahan, nikmatilah rokok itu barang sebatang dan tidak lebih, karena terkadang itu lebih baik daripada pikiran kita terus terobsesi dengan rokok.

6. Disiplin

Berdisiplin dengan diri sendiri sebetulnya merupakan poin yang paling penting. Segala janji dan rencana yang kita jalankan untuk mulai berhenti merokok hanya bisa berjalan baik jika kita berdisiplin dan memenuhi janji pada diri kita sendiri.

7. Stop merokok

Untuk informasi lebih lengkap yang berkaitan dengan berhenti merokok, ada baiknya kita membuka situs web www.stopmerokok.com.

 Source :  http://greenlifestyle.or.id/tips/detail/tips_berhenti_merokok

Related Posts by Categories



0 comments:

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...