Selamat Datang di http://gondrezt.blogspot.com "Bersama Menghadapi Kejahatan Hutan dan Iklim" lakukan hal secara nyata dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

SELAMATKAN PANTAI DAN PULAU KECIL INDONESIA

Naiknya permukaan laut akibat pemanasan global telah merendam pantai di berbagai wilayah Indonesia, terutama Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Di Paparan Sunda ada Pulau Jawa yang perlu mendapat perhatian lebih kanena pertimbangan ekologis dan ekonomis.

Gas-gas Rumah Kaca (GRK), terutama kanbon dioksida yang terus teremisikan ke atmosfer tanpa henti bahkan terus merangkak naik sejak tiga abad lalu, telah menampakkan dampak buruknya secara nyata.



Beberapa negara kepulauan telah melaporkan kehilangan pulau-pulau kecilnya. Papua Nugini, misalnya, melaporkan ada tujuh pulaunya yang berada Provinsi Manus telah tenggelam Adapun Kiribati telah kehilangan tiga pulaunya, sekitar 30 pulau lainnya juga mulai menghilang dari permukaan laut.

Kribati bukan satu-satunya negara kecil yang tergabung dalam SIDS (Small Island Development States) yang terancam hilang dari muka bumi ini. Diperkirakan dari 44 anggota SIDS, 14 negara di antaranya akan lenyap akibat naiknya permukaan air laut

Diantara negara kepulauan di dunia, agaknya kerugian terbesar akan dihadapi Indonesia, sebagai negara yang memiliki jumlah pulau terbanyak. Pada tahun 2030 potensi kehilangan pulaunya sudah mencapai sekitar 2.000 bila tidak ada program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, urai lndroyono, Sekretaris Menko Kesra yang juga mantan Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan DKP.

Saat ini belum di ketahui berapa sesungguhnya jumlah pulau Nusantara ini yang telah hilang karena dampak kenaikan permukaan air laut. Namun dari pengamatan Ba
dan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) menunjukkan penciutan daerah pantai suda terlihat di pulau pulau yang berada di Paparan Sunda dan Paparan Sahul, ungkap Aris Poniman Deputi Sumber Dasar Sumber Daya Alam Barosurtanal.

Paparan Sunda meliputi pantai timur Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan serta pantai utara Pulau jawa Adapun Paparan Sahul berada di sekitar wilayah Papua Penjelasan Aris didasari pada pemantauan pasang surut yang dilakukan Bakosurtana di berbagai wilayah pantai Nusantara sejak 30 tahun terakhir. (Source : www.kompas.com)

Related Posts by Categories



0 comments:

Belajar berbagi untuk sesama dan jangan lupa komentarnya...